copycat

9:03:00 AM

Sering banget denger orang-orang ngucapin copycat, termasuk juga tau maksudnya, tapi belum pernah ngalamin sendiri. Menurut kamus bahasa inggris copycat berarti peniru. Yang ditiru bisa apa aja, mulai dari tatanan rambut, gaya berpakaian, koleksi-koleksi barang kesukaan, atau bahkan ide seseorang bisa saja “dicuri” lalu digunakan dan diakui sebagai idenya. Nah yang terakhir itu parah banget deh. Beneran gak menghargai HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Uda susah-susah mikir eh asal comot aja, secara ide itu didapat dengan gak mudah.

Nah gue sebagai sesosok cewek yg cuek dan ala kadarnya sih gak terlalu peduli sama yg namanya copycat, ya asal jangan tomcat aja sih masih oke lah ya. Intinya gue gak ada hubungan apa-apa sama si copycat.

Secara gue juga cuek banget maka begitu pula dengan gaya berbusana gue yg cenderung acak adut amburadul. Prinsip utama “Yang Penting Nyaman”, klo dengan gak mencuci celana jeans selama 1 bulan bakalan bikin selangkangan gue makin nyaman ya mungkin akan gue lakuin. Sayangnya baru kepake 3 kali aja uda mentok, rasanya pengen cepet diublek di mesin cuci. Gatelan lah bookk! Gila aja sebulan. Eh tapi ada loh artis ganteng (yg bertato garang) gak nyuci jeansnya selama 3 bulan dan doi rajin banget makenya. Hmm.. kasian si titit.

Selama kurang lebih berbusana 20 tahun ini, gue sih nyaman-nyaman aja. Mantep malah, walau gak sedikit yg mencibir. Gue sampe sekarang sih seneng pake kaos sama celana jeans. Sendal jepitan ya paling necis pake sneakers. Baru setelah magang aja punya sepatu “cantik” yg berpita dan feminim.
“iih, selera loe kekanakan banget sih?!”
trusan gue agak dandan, biar keliatan mature.
“iihh, loe kayak tante-tante norak!”
“jasiitt!!! koen sopo ku, mbayari uripku tah?! Komen ae, ngene salah ngunu salah. Koyok raimu bener ae!”
hmm.. ini terlontar di Gereja. Ya buat loe-loe yg mungkin inget kalimat ini, teruskan sajalah bakatmu menjuri penampilan orang lain. Padahal muke loe jauh ke laut ajeee!! hahaha



Berarti bisa ditarik kesimpulan kalo gaya berbusana gue gak pantes ditiruin sama orang “normal” kan. Jadi gak akan ada copycat mendekat. Sampe di usia gue yg ke 23 ini, gue mulai curiga. Curiga sama satu orang staf di tempat gue kerja. Kenapa mendadak nempel-nempel mulu. Trusan apa pun yg gue ucapin buat dia langsung diturutin. Tapi gue belum nyoba nyuruh doi nyemplung kolam ikan sambil ngemut batu sih. Kalo beneran dicoba tar langsung gue post deh fotonya. Janji!

Nah ini makin lama makin menjadi. Tiap gue ngapain pasti ditiruin. Gue emang maniak kuteks dan cincin. Bangets! Setau gue sih, doi jarang terlihat menggunakan cincin dan kutek. Tau-tau doi ikutan beli kutek tiap gue update beli kutek. Secara finansial emang mantap sana sih, cuma klo gue sih emang seneng beli kutek icrit-icrit, sekali beli 1 ato maksimal 2 lah. Soalnya emang uda terlampau banyak kutek di rumah. Nah doi gak mau kalah, tau koleksi gue banyak, doi langsung beli 3 – 5. oh gila. Dan warnanya yg lebih jreng-jreng. Ikutan pake kutek bunga-bunga pula. Trus gue beli jepit, iket rambut, anting, kalung dan banyak aksesoris lainnya eh ditiruin semua. Oia, belakangan ini gue mulai gemar leopard stuff soalnya lucu. Eh langsung doi beli semua-semua motif macan tutul. Pusing gue.


Ini kenapa jari manis gue warnanya beda, soalnya itu “ring finger” dan emang di jari manis gue ada cincin yg dikasih nyokap gue. Precious. Jadi hal ini selalu gue lakuin dalam setiap pewarnaan kuku.

Banyak deh bekakas gue yg ditiruin. Dan setiap apapun yg doi tiru tuh mesti semacam harus lebih “fenomenal” daripada gue. Wtf. Tapi malah jatohnya lebih norak. Malu gue sama temen kantor lainnya, dibilang kakak adek. Dari ujung rambut sampe ujung kaki samaan. Gue pake sendal gunung eiger eh doi langsung beli, trusan gue nanya “emang mau ke gunung?” eh enggak katanya, cuma buat sendal aja. Gimana klo besok gue pake sempak di kepala?!!!

Mendadak doi lurusin rambut dan potong rata kayak gue. Trusan mau semiran coklat kayak gue. Arrggghhh!! Cobaan terberat nih! Nah karna rambut gue uda makin gondrong jadi gue putusin untuk potong rambut dan potong PONI. Yeah, i miss my old bangs so i decided to cut gondrong hair into unyuu hair :) Eh mendadak aja ada temen dateng ke gue pagi-pagi, “eh lu uda liat rambut baru dia? Persis lo banget!” Anjirrr dalem ati gue uda ketar-ketir. “oh potong apa?” “masa lo ga tau? Dia pake poni persis lo sekarang.” Damn! Langsung reflek gue jepit poni gue ke atas. Dan bener gak lama doi muncul, dengan poni rambut jagungnya.

Sabar.. sabar.. sabar sinz..
Terusan doi duduk depan gue, curhat tentang temen sekamar kosnya. Katanya sih (ini katanya!) si mbak kos itu selalu norak gayanya, gak matching pokoknya. Trus selalu ngikutin gayanya doi. “pliss deh, gue paling benci klo si mbak uda niru-niru gaya gue. Apa-apa yg gue pake selalu dia ikutin. Gue merasa gue jadi sosok yg berbeda, uda bukan jadi diri gue lagi!”
“gitu ya mbak, masa sih? Oh? Klo gue sih nyante aja, brarti lo gak bakat jadi artis mbak!”
“loh kenapa?”
“soalnya lo aja risih ditiruin, coba bayangin klo jadi artis gimana, ditiruin fans. Klo gue sih uda ada bakat artis, ada yg niruin gue sampe parah tapi jelekan dia bangets!!”
“ah masa?”
Fakyu! Ngaca woy!!! gile aje langsung temen-temen yg denger pada gak kuat nahan ketawa, ngetawain gue yg berusaha setengah mampus nahan diri buat gak ngelempar PC di muka doi.

Apa ya, hmm.. marah gue sih bukan karna gue gak seneng ditiru. Bolehlah klo istilahnya gaya gue menginspirasi tapi kan gak harus persis 100% sama gitu. Nah lo pikir kita sodara kembar yg lahir dari rahim berbeda!? Atau jangan-jangan lo obsesi sama gue. Pingin milikin gue. Apapun alasannya itu tetep aja nyebelin banget. Sungguh sangat nyebelin ketika denger dia juga gak seneng ada orang copycat gayanya, padahal gue nyata-nyata tau klo mbak kos itu enggak niru doi dan jauh lebih cantik. Sok kePeDean banget lu. Emosi! Emosi!

Trusan gue beli softlense karna emang uda waktunya ganti. Sengaja banget gak ngajak doi. Gue pergi bertiga sama temen lain. Gue nekatin aja beli softlense warna ijo! Biar beda! Ga ditiruin. Lagian kata temen bagus kok. Walau gue merasa gue berubah jadi SiauCing si siluman ular hijau.

softlense teranyar, ijo-ijo siluman ular hijau :D

Eh taunya doi pergi beli sendiri softlense warna coklat menyala. Aaahhh.. serem banget!! kulit gelap dengan mata coklat menyala. Haduh. Apa mau dikata, uda selera, uda gak bisa diomongin lagi. Yaudalah.

Lama-lama gue terbiasa dengan adanya bayang-bayang kegelapannya. Stay woles! Justru gue makin gak dewasa dengan marah-marah gak karuan kayak gini. Secara gitu lifestyle gue juga gak bisa gue patenkan. Yaudah ambil sisi positifnya, berarti gaya gue yg acak adut amburadul ini bisa juga menginspirasi orang. Bangga? Enggak :(

Hingga pada suatu saat, gue punya jurus ampuh. Gak mungkin kan doi putus sama pacarnya yg waktu itu, demi punya cowok kayak partner gue. Secara fisik maupun elektrik (pulsa kalee..) uda beda jauh. Kalaupun mau dicari juga gak bakalan nemu cowok macem si partner. Langka! Haha.. jadi klo doi mulai bertindak menyebalkan, gue bilang bakalan ngerebut gebetannya. Secara gebetan yg dicintainya itu selera gue banget, gondrong dan berjenggot. Trusan doi langsung PDKT lebih gencar ke si cowok, jadi biarlah hari-harinya diisi dengan ngurusin cowok dan bukan gue lagi hahahaa..

Pesan Moral:
  • Setiap dari lo diciptakan dengan keunikannya masing-masing. So gak usah takut berekspresi sesuai dengan gaya lo sendiri yg menurut lo "gue banget". Bolehlah di masa pencarian jati diri lo masih ikut-ikutan orang lain, tapi kalo uda memasuki usia kepala 2 masa iya sih masih pencarian jati diri. Kecuali sih ya, klo lo emang "nyaman dengan meng-copy paste hidup orang lain" iya gpp juga, berarti itu keunikan lo.
  • Buat yg ngerasa tersinggung dengan postingan gue, puji Tuhan deh, berarti lo uda nyadar klo lo plagiat. Tingga tentuin aja mau terusin atau eksplor keunikan lo yg beda dari orang lain.
  • Buat lo yg ngerasa di copycat-in, puji Tuhan, pamor lo makin naik karna siapapun klo niru uda pasti jarang banget yg hasilnya lebih bagus daripada yg ditiru. Secara KW gitu deh. Enggak usah marah lagi, disyukurin aja, itung-itung latihan jadi artis yg kebanyakan sih segalanya ditiruin sama fans. Malah baiknya bisa dijadikan pelecut semangat untuk bikin sesuatu yg lebih baru dan lebih menggebrak hahaha..
Udahan ah, apa gak kasian sama kucing-kucing yg dihitamkan. Lagian kenapa sih namanya Copycat? Emang kucing suka niru-niru ya? Gue sih seneng-seneng aja klo kucing dijelekin soalnya setau gue (yg sangat alergi kucing) kucing tuh makhluk hidup yg kerjaannya cuma tidur-tiduran mulu dimana-mana, terutama di keset. Kucing bener-bener idup tuh ya mulai dari bayi sampe umur setahunan, masih aktif dianya setelah itu sisa hidupnya hanya diisi dengan tidur-makan-beranak-eek-tidur-makan-beranak-dst.

klo ini sih yg niruin malah lebih unyu hahaha

You Might Also Like

0 komentar